Senin 26 Dec 2022 15:00 WIB

Menunda Liburan Sekolah untuk Beramal Saleh

SMP Integral Putri Hidayatullah Depok menyelenggarakan kegiatan Quran Camp.

Salah satu kegiatan Quran Camp yang diadakan oleh SMP Integral Putri  Hidayatullah Depok, yakni halaqah Quran.
Foto: Dok Hidayatullah
Salah satu kegiatan Quran Camp yang diadakan oleh SMP Integral Putri Hidayatullah Depok, yakni halaqah Quran.

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK -- Murid yang juga anggota Satuan Komunitas Praja Muda Karana (Sako Pramuka) Hidayatullah SMP Integral Putri Hidayatullah Depok dengan senang hati penuh keceriaan menunda liburan mereka untuk membantu guru-guru menyelenggarakan kegiatan Quran Camp selama dua hari, Ahad-Senin, 25-26 Desember 2022 di lingkungan SMP Integral Putri Hidayatullah Depok, Jalan Teuran Dephan, Kelurahan Pondok Rajeg Cibinong, Depok, Jawa Barat.

Peserta pun membludak memenuhi komplek SMP Integral Putri Hidayatullah Depok, sebuah tempat yang asri dan kondusif untuk belajar. Check in dibuka mulai pukul 07.30 pada hari Ahad (25/12/2022) dan check out pukul 16.00 WIB pada hari Senin (26/12/2022).

Baca Juga

Pengurus SMP Integral Putri Hidayatullah Depok, Ustadzah Yuli Nugraheny, mengatakan Quran Camp adalah kegiatan untuk mengenalkan kehidupan pesantren kepada murid-murid putri kelas V dan VI dari SD-SD di daerah Depok dan sekitarnya.

“Kegiatan ini direncanakan akan dijadikan sebagai kegiatan tahunan,” kata Ustadzah Yuli dalam keterangannya kepada media, Senin, 2 Jumadal Akhir 1444 H (26/12/2022).

Yuli menambahkan, animo murid kelas V dan VI untuk mengikuti Quran Camp di SMP Integral Putri Hidayatullah Depok luar biasa besar. Panitia terpaksa menolak beberapa pendaftar karena kapasitas yang tidak mencukupi.

“Pendaftar mencapai sekitar 80-an, sementara kapasitas yang disediakan hanya 50 peserta, sesuai kapasitas kamar,” kata Yuli.

Kegiatan dikemas dalam acara menarik dengan berbagai game, kuis, dan materi-materi dalam Quran Camp, mulai pengenalan sirah, halaqah Quran, sampai wawasan keindonesiaan, sehingga tidak membosankan bagi peserta.

Kegiatan di lapangan tidak kalah mengesankan, di antaranya adalah berbagai game, senam, memanah hingga Outbond Jejak Rasul (OJR). Adapun kegiatan ibadah seperti shalat fardhu dan shalat Tahajjud dilaksanakan secara berjamaah di mushalla.

“Alhamdulillah kegiatan hari pertama berjalan lancar sesuai rencana dan ditutup pukul 22.30,” ungkap Yuli.

“Sementara kegiatan hari kedua karena hujan turun, maka sebagian kegiatan di lapangan dialihkan ke ruang-ruang kelas dan koridor,” jelas Yuli.

Walaupun demikian, tidak mengurangi kegembiraan dan hikmah yang didapat peserta Quran Camp, karena kakak-kakak pembina luar biasa sigap dalam mengalihkan arena kegiatan Outbond Jejak Rasul (OJR).

“Luar biasa pengorbanan penundaan liburan pengurus Sako Pramuka SMP Integral Putri Hidayatullah Depok untuk suksesnya acara Super Camp,” kata Yuli.

Dia menambahkan, terdapat pembelajaran besar bagi murid-murid kelas VIII dan segenap panitia bahwa ikhtiar kebaikan yang dilakukan untuk melahirkan kebaikan berkesinambungan berikutnya membutuhkan pengorbanan besar. “Semoga Allah melimpahkan keberkahan ilmu, aamiin,” ujarnya mendoakan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement