Benarkah Kaum Ibu tak Boleh Sholat Tarawih di Masjid? Berikut Tuntunan dari Rasulullah

Tuntunan  

Menjelang Ramadhan, umat Islam tidak terkecuali kaum perempuan sudah bersiap untuk melaksanakan rangkaian ibadah. Salah satunya yakni sholat sunnah Tarawih. Mereka memenuhi masjid dan mushala. Bagaimana tuntunan Rasulullah SAW untuk masalah ini? Berikut ini merupakan beberapa hadits Rasulullah SAW perihal shalat perempuan dikutip dari buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri 3, Tarawih dan Witir karya Sayid Mahadir.

1. Dari Ummu Humaid, isteri Abu Humaid As-Sa’idy, sesungguhnya beliau datang (menemui) Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku suka sholat bersama anda. Beliau menjawab: “Sungguh aku mengetahui bahwa engkau suka menunaikan sholat bersamaku, akan tetapi sholatmu di kamar tidurmu lebih baik dibandingkan sholatmu di ruang tengah rumahmu, dan sholatmu di ruang tengah rumahmu lebih baik dibandingkan sholatmu di masjid khusus rumahmu, dan sholatmu di masjid khusus rumahmu, lebih baik dibandingkan sholatmu di masjid di sekitar masyarakatmu, dan sholatmu di masjid sekitar masyarakatmu lebih baik dibandingkan shalatmu di masjidku. Kemudian dia (Ummu Humaid) minta dibangunkan baginya masjid (tempat sholat) di tempat paling ujung rumahnya dan paling gelap. Maka beliau shalat di sana sampai bertemu dengan Allah Azza Wa Jalla (wafat)." (HR. Ahmad).

2. Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, Nabi Muhammad saw bersabda, “Shalat seorang wanita di rumahnya lebih utama baginya daripada shalatnya di pintu-pintu rumahnya, dan shalat seorang wanita di ruang kecil khusus untuknya lebih utama baginya daripada di bagian lain di rumahnya” (HR. Abu Daud).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca: Ini Rukyatul Hilal pada Zaman Rasulullah

Setan Dibelenggu Selama Ramadhan, Kok Masih Banyak yang Maksiat?

Tak Ada Dalil Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Perlukah Disebut Ahli Bid'ah?

Meski menganjurkan kaum perempuan untuk shalat di rumah, Rasulullah SAW juga bersabda agar kaum lelaki tak menghalangi istri mereka jika hendak pergi ke masjid.

3. Dari Salim bin Abdullah bin Umar bahwasanya Abdullah bin ‘Umar berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, “Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian untuk ke masjid. Jika mereka meminta izin pada kalian” (HR. Muslim).

4. Dari Ibnu ’Umar ra, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda : “Janganlah kalian melarang wanita-wanita kalian untuk pergi ke masjid-masjid, akan tetapi rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ath-Thabarani)

Demikian beberapa hadits terkait shalatnya perempuan di rumah atau di masjid, baik shalat wajib maupun shalat sunnah. Pada intinya Rasulllah SAW secara zhahir teks memberikan jawaban ganda perihal ini, dimana perempuan baiknya shalat di rumah namun jangan dihalangi jika ingin shalat di masjid, bahkan untuk shalat yang dilakukan di malam hari pun Rasulullah SAW memberikan pesan untuk juga tidak dilarang, walaupun – sekali lagi- sebaiknya di rumah.

1 Ramadhan 2022 Mau Ikut NU atau Muhammadiyah? Ini Fatwa dari MUI

Bayar Qadha Puasa Sehari Menjelang 1 Ramadhan 2022, Bolehkah?

Niat Puasa Ramadhan Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pecinta Nasi Uduk

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image